Kader DW-P UP Diharapkan Kawal Tumbuh Kembang Anak Stunting di Kecamatan Kampa

KAMPAR - Dalam rangka intervensi stunting di Kecamatan Kampa, Panesehat Dharma Wanita Persatuan (DW-P) Kabupaten Kampar Ny Ricana Djayanti Hambali bersama Pj Ketua DW-P Unit Pelayanan (UP)  Kabupaten Kampar Ny Juli Mastuti Yusri melakukan kunjungan untuik memberikan bantuan kepada anak yang berpotensi stunting di Desa Sungai Putih, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar,  Kamis (14/3).

Penasehat DWP-UP Kampar Ricana Hambali meyampaikan,  anak-anak yang berpotensi stunting dan sudah stunting penanganan dilakukan melalui intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung.

Ricana Hambali juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ibu-ibu DWP-UP Kampar atas dukungan dalam upaya bersama menurunkan angka stunting di Kabupaten Kampar khususnya di Kecamatan Kampa.

Ricana mengatakan, Pemkab Kampar melalui DWP-UP Kampar berkomitmen mengatasi 40 orang anak stunting di Kecamatan Kampa.
“Untuk itu saya meminta agar DWP-UP dan bidan serta kader pendamping keluarga agar selalu memonitor dan mengawal tumbuh kembang anak tersebut. 

Dalam kunjungan ini kami hadir lengkap ada bidan, kader DWP untuk selalu memonitor anak-anak stunting supaya pertumbuhan menjadi baik," ujar Ricana. 

Ricana menjelaskan, bahwa stunting sangat terkait dengan tumbuh kembang anak, dan hadir disini untuk melihat langsung kondisi balita. Tim pendamping keluarga guna mendapatkan data akurat dan membantu mengatasi persoalan stunting.

Ricana menambahkan, penanganan intervensi tersebut diukur dengan memberikan dua kotak susu dan telur selama 8 hari. Tim Penanganan Stunting DWP-UP Kabupaten Kampar mengukur anak stunting tersebut  selama satu setengah bulan dengan menghabiskan 12 susu untuk satu orang anak stunting di Desa Sungai Putih Kecamatan Kampa.

Penasehat DWP-UP Kampar Ny Ricana Hambali bersama Ketua DWP-UP Kampar Ny Juli Mastuti Yusri berkunjung ke delapan Anak Stunting di Desa Sungai Putih, yang pertama yang bernama Syakir Ramadhan berat di awal satu setengah bulan yang lalu 10,29 kg dan di lihat sekarang menjadi 10, 37 kg, dengan tinggi di awal 83 cm dan sekarang menjadi 86,6 cm.

Kunjungan kedua bernama Devano dengan berat awal 10 kg dan sekarang menjadi 10,5 kg, dengan tinggi di intervensi awal dengan tinggi 81 cm dan sekarang menjadi 81,6 cm. 
Kunjungan ketiga atas nama Naransyah dengan berat d intervensi awal 11,2 kg dan sekarang menjadi 11,05 kg dengan tinggi di awal 86,8 cm dan sekarang tetap menjadi 86,8 cm.

Dalam kunjungan keempat yang bernama Muhammad Glen Alisti dengan berat diintervensi awal 9,86 kg dan sekarang menjadi 10,48 kg dengan tinggi di intervensi awal 89,4 cm dan sekarang menjadi 89,4 cm (tetap). 

Kunjungan kelima bernama Fatima Azzahra dalam intervensi awal berat 12,21 kg, sekarang menjadi 12,39 kg, dengan tinggi diintervensi awal 88,5 cm dan sekarang menjadi 88,5 cm.

Dalam kunjungan keenam bernama Zia Klarisa dengan berat diintervensi awal 11,89 kg dan sekarang turun menjadi 11.11 Kg (sakit), dengan tinggi diintervensi awal 89,3 cm dan sekarang menjadi 90 cm. 
Kunjungan ketujuh bernama Kenzi Hamizi dengan berat diintervensi awal 10,5 kg dan sekarang menjadi 11.6 kg, dengan tinggi diintervensi awal 83,4 cm dan sekarang menjadi 85 cm. 

Yang terakhir bernama Arsila Mafas dengan berat diintervensi awal 9,09 kg dan sekarang meniadi 9,1 kg, dengan tinggi diintervensi awal 79,5  cm dan sekarang menjadi 82 cm.

(*)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait