Kadis Perindustrian Sasminedi Dampingi Kepala BBPVP Verivfikasi Faktual UPTD BLK Kampar

BANGKINANG - Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar Sasminedi, SKM, M.SI. mendampingi Kepala (BBPVP) Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Andri Susila, ST, M.Si, untuk melakukan verifikasi faktual ke UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) BLK (Balai Latihan Kerja) Dinas Perindustrian dan Tenagakerja Kabupaten Kampar, UPTD BLK Kampar Layak Dapat Kegiatan Dan Anggaran Kementrian Tenaga Kerja, Sabtu (25/5/2024).

Kepala (BBPVP) Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Andri Susila, usai dilakukannya verifikasi faktual ke UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) BLK (Balai Latihan Kerja) Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja Kabupaten Kampar,  dan UPTD BLK Kampar resmi terdaftar  dalam Kelembagaan Pelatihan pemerintah Kemenaker RI ia menegaskan UPTD BLK kampar layak dapat kegiatan dan anggaran kementrian tenaga kerja.

"Verifikasi faktual mesti dilakukan untuk memastikan kesiapan lembaga UPTD BLK Kampar terhadap apa yang telah didaftarkan ke Kementrian Tenagakerja RI, verifikasi tersebut kesiapan Sarana Prasarana, SDM dan unsur Penunjang," jelas Andri.

Lebih lanjut Andri menjelaskan klasifikasi ini terdiri dari Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja Balai Perluasan Kesempatan Kerja Anggaran dan Transformasi BLK Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen untuk mempersiapkan tenaga kerja Indonesia agar mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Salah satu upayanya adalah dengan merancang Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK).

"Anggaran kegiatan sarana prasarana transformasi BLK tahun 2023 hingga 2024 diperkirakan mencapai Rp 2,03 triliun untuk 13 BLK didaerah, Bantuan Pemerintah Pembangunan Gedung Workshop dan Peralatan Pelatihan BLK Komunitas, Bantuan pemerintah dalam bentuk uang untuk pembangunan gedung workshop diberikan dengan pagu senilai lima ratus juta rupiah," sambungnya.

Sementara Sasminedi Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Tenagakerja membenarkan bahwa Kabupaten Kampar sudah memiliki Perbup 11 tahun 2023 Pembentukan UPTD BLK Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja di UPTD BLK ini akan di isi oleh pejabat eselon IV dan kelompok Fungsional, dan kelompok jabatan Pelaksana.

"UPTD Kampar sementara sudah memiliki 5 Jurusan Pelatihan antara lain,  Menjahit,  Membordir, Komputer,  Kelistrikan, dan Otomotif Sepeda Motor," jelas Sasminedi.

Sasminedi menyampaikan juga Dukungan yang luar biasa dari Pimpinan terutama Pj Bupati Kampar,  Hambali  telah memberikan alokasi anggaran sarana prasarana untuk memenuhi standar dan terdaftar BLK Kampar di Kemenaker RI.

"Kedepan keberadaan UPTD BLK Kampar dapat menjadi solusi untuk menekan angka Pengangguran di Kabupaten dengan memberikan pelatihan Vokasi dan Produktivitas bagi masyarakat Kabupaten Kampar," ujarnya.

Harapan Sasminedi selaku kepala Dinas Perindustrian dan Tenagakerja Kabupaten Kampar, Kementrian Tenagakerja RI melalui BBPVP medan mengalokasikan dan Pusat ke UPTD BLK Kampar,  dan Pemerintah Kabupaten Kampar untuk melengkapi seluruh Sarana Prasarana yang dibutuhkan.

(*)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait